gambar

gambar
LINDUNGILAH ALAM SEMESTA.......!!!

Selasa, 31 Desember 2013

TIKUS ATAU SEMUT-KAH YANG "DITAKUTI" OLEH GAJAH...???

  BismiLLAAHirrohmaanirrohiim.....


        GAJAH  lebih "Takut" mana, tikus atau semut...??
Pertanyaan yang menggelitik ini memancing peneliti menelusurinya.
Bila dalam cerita versi kartun Disney, Gajah takut tikus karena hewan pengerat itu meneror hati sang Gajah. Namun, peneliti membuktikan temuan mengejutkan.


Sebuah penelitian terbaru membuktikan, Gajah ternyata "TAKUT" kepada SEMUT. Para ilmuwan yang meneliti hal ini menemukan POHON AKASIA(Acacia Drepanolobium) di Afrika jarang sekali disentuh oleh Gajah. Padahal, Gajah yang sedang lapar biasanya selalu tergoda dengan pohon.


Apa sebabnya.....? usut punya usut, ada ribuan Semut yang merayap di batang pohon itu. Para ahli inipun percaya, Semut di pohon Akasia sebagai penjaga Ekosistem dan memainkan peran penting yang sebelumnya diabaikan.
Profesor TODD PALMER, dari University Of Florida, Amerika Serikat, yang mengambil bagian dalam penelitian ini, mengatakan temuan ini bak cerita Daud dan Goliath, semut kecil bisa "menakuti" seekor Herbivora BESAR.


Para ilmuwan semakin yakin setelah melakukan uji coba dengan mencabut pohon favorit para Gajah yang dikenal A mellifera. Kemudian, mereka meletakkan koloni Semut di menu kesukaan Gajah itu.
"Hasilnya mengejutkan, Gajah menghindari pohon-pohon itu seperti Anak kecil menghindari brokoli," kata Palmer.


Penelitian yang ditulis dalam Jurnal Current Biology ini menyebutkan, "belalai Gajah adalah penyebabnya, belalai Gajah sangat sensitif karena di dalamnya banyak saraf.
Sehingga tampaknya Gajah tidak suka bila semut-semut ini masuk ke dalam belalainya." Palmer menjelaskan.
Menurut para peneliti, Gajah mengetahui keberadaan Semut di sebuah pohon lewat baunya.


- Smoga berkenan... 31/12/2013   Muharram Antonio -.

Tidak ada komentar: